Manfaat dan Khasiat Asam Jawa

Manfaat dan Khasiat Asam Jawa. Asam Jawa tentulah tidak asing lagi untuk masyarakat di Indonesia. Apalagi dengan rasanya yang asam, membuat kita bisa mengelolah rasa asamnya menjadi minuman. Didaerah saya, biasanya anak-anak sering mengambil buah asam ini yang jatuh dari pohonnya, Kemudian langsung dimakan. Terkadang asam ini dimakan dengan memberi campuran gula. Jadi rasa asamnya sangat khas bagi kita, Asam Manis. Dibalik rasa asamnya itu, Buah ini memiliki banyak manfaatnya dan cukup berkhasiat untuk pengobatan suatu penyakit.
Asam Jawa
Klasifikasi Asam Jawa :
KANDUNGAN KIMIA : Asam Jawa mengandung senyawa kimia antara lain asam appel, asam sitrat, asam anggur, asam tartrat, asam suksinat, pectin dan gula invert. Buah asam jawa yang masak di pohon diantaranya mengandung nilai kalori sebesar 239 kal per 100 gram, protein 2,8 gram per 100 gram, lemak 0,6 gram per 100 gram, hidrat arang 62,5 gram per 100 gram, kalsium 74 miligram per 100 gram, fosfor 113 miligram per 100 gram, zat besi 0,6 miligram per 100 gram, vitamin A 30 SI per 100 gram, vitamin B1 0,34 miligram per 100 gram, vitamin C 2 miligram per 100 gram. Kulit bijinya mengandung phlobatannnin dan bijinya mengandung albuminoid serta pati.

Manfaat Asam dan Khasiat Asam Jawa :
  1. Asam jawa mampu mengobati penyakit Asma. Caranya: ambillah 2 potong kulit pisang, asam jawa dan adaspulawaras. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan 1 liter air bersih hingga mendidih. Kemudian saring ramuan ini dan minumlah 2 kali sehari.
  2. Asam jawa mampu mengobati Batuk Kering. Caranya: ambil 3 buah asam jawa, lalu 1 genggam daun saga. Lalu rebus hingga mendidih kedua bahan tersebut dengan 4 gelas air bersih. Biarkan hingga tersissa 1 gelas. Lalu minumlah 2 kali sehari pada saat pagi dan sore hari.
  3. Asam jawa mampu mengobati Demam. Caranya: ambillah satu genggam daun asam jawa yang masih muda, lalu ambil juga sedikit adas pulawaras. Rebuslah kedua bahan tersebut dengan setengah liter air dan biarkan hingga tersisa 1 gelas air. Minum secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore hari.
  4. Asam jawa mampu mengobati Sakit Panas. Caranya: campurkan 2 buah asam jawa yang telah masak dengan garam dan 1 gelas air panas. Kemudian saringlah air asam ini. Minumlah secara rutin hingga panas turun. Bagi anda ibu-ibu yang sedang hamil sangat dilarang untuk meminum minuman ini karena akan berakibat fatal untuk kandungan mereka.
  5. Asam jawa dapat mengobati penyakit Reumatik. Caranya: ambillah 1 genggam daun asam jawa, 2-4 biji asam jawa lalu tumbuklah kedua bahan tersebut hingga halus. Lalu kompreskan ramuan pada bagian tubuh yang sakit.
  6. Asam jawa mampu mengobati Sakit perut. Caranya: ambillah 3 buah asam jawa yang sudah masak, kapur sirih secukupnya dan minyak kayu putih secukupnya. Tumbuklah semua bahan tersebut menjadi satu ramuan. Lalu gosokan ramuan gosok ini secara merata pada bagian perut yang sakit.
  7. Asam jawa mampu mengobati Alergi atau dalam masyarakat jawa disebut Biduren. Caranya: ambillah 2-4 buah asam jawa yang sudah cukup tua dan garam sedikit garam secukupnya. Tambahkan sedikit 4 sendok kapur sirih. Lalu semua bahan direbus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih hinge menyisakan 2 gelas. Saring bersih ramuan ini dan kemudian minumlah 2 kali sehari pada pagi dan siang hari.
  8. Asam jawa mampu mengobati Sariawan. Caranya: rebuslah 2 buah asam jawa, 2 buah rimpang temulawak dan1 potong gula kelapa. Rebus hingga mendidih,kemudian saring ramuan ini untuk diminum sebagai ramuan penyembuah sariawan yang ampuh.
  9. Asam jawa mampu mengobati Luka baru. Caranya: lumatkan daun asam jawa yang sudah dikunyah halus pada bagian tubuh yang terluka secara perlahan dan merata. Biarkan hingga agak mongering lalu bersihkan dengan air hangat.
  10. Asam jawa mampu mengobati Luka borok. Caranya: tumbuklah 5 biji asam jawa hingga halus lalu ratakan pada bagian yang terluka kemudian perban dengan kain kasa yang bersih.
  11. Asam jawa dapat mengobati Eksim dan Bisul. Caranya: tumbuk hingga halus 1 genggang daun asam jawa yang masih muda lalu tambahkan 2 rimpang kunyit dengan ukuran sebesar ibu jari anda. Lalu tempelkan pada bagian yang terluka.
  12. Asam jawa mampu mengobati Bengkak karena disengat lipan atau lebah.
Demikianlah Manfaat dan Khasiat buah Asam Jawa untuk kesehatan. Seperti yang kita lihat, Buah Asam Jawa ini sangatlah bermanfaat untuk pengobatan suatu penyakit. Semoga artikel ini sangat bermanfaat bagi Anda. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.