Manfaat dan Khasiat Daun Dewa

Daun Dewa (Gynura segetum)

Siapa tidak kenal tanaman satu ini. terlebih, penampilannya mempunyai keunikan tersendiri. daunnya berwarna hijau tua dengan garis ungu di pinggirnya. warna daun bagian atas lebih tua daripada bagian bawah, sesaat ke-2 permukaan daun mempunyai bulu-bulu halus. wujud daun bulat memanjang, dengan pinggir berlekuk, bertangkai daun amat pendek. lantas, batangnya memiliki rambut halus, lunak, serta berwarna ungu kehijau-hijauan. tinggi batangnya cuma 10-25 cm.

manfaat dan khasiat daun dewa
Daun Dewa

Bunganya nampak di ujung batang. sebelum saat mekar, bunganya serupa kancing, serta berupa layaknya himpunan benang sari berwarna kuning cerah sesudah mekar. mahkota bunga berwarna kuning dengan ujung merah kecokelatan. dari bunga, umumnya segera rontok, tidak pernah jadi buah. jikalau lalu berbuah, memiliki bentuk lonjong dengan diameter 4-5 mm. yang tidak kalah menarik merupakan akarnya yang membentuk umbi dengan panjang lebih kurang 5-8 cm. ukuran penampang pada 3-5 cm. kulit umbi berwarna keabu-abuan, namun daging umbinya terlihat bening sampai keruh.

Tanaman ini terhitung tanaman semak tahunan serta mempunyai lebih dari satu nama tempat. di jateng, ia disebut sambung nyawa ( jateng ). orang cina menyebutnya san qi cao. mengingat orang-orang cina pada akrab dengan daun dewa, jadi tanaman ini juga dinamakan beluntas cina. beluntas merupakan tanaman yang sekerabat dengan daun dewa.

Manfaat dan Khasiat Daun Dewa :

Tanaman daun dewa memiliki kandungan beragam unsur kimia, diantaranya saponin, flavonoid, minyak atsiri, serta antikoagulan. tidak heran bila ia mempunyai segudang manfaat. di antaranya merupakan untuk menangani stroke. siapkan 30 gram umbi daun dewa, bersihkan bersih, lantas keringanginkan. tumbuk sampai halus. ambillah 1 sendok teh bubuk umbi daun dewa, lantas campur dengan 5 butir biji ginko. seduhlah didalam segelas air, imbuhkan sedikit madu. silahkan diminum. atau, ambillah 1 sendok makan bubuk umbi dewa, campur dengan 10 butir biji ginko kering yang sudah ditumbuk, lalu masukkan ke didalam kapsul. kapsul lalu siap diminum. kerjakan teratur sepanjang 1-2 bln..

  • Tak hanya stroke, daun serta umbi tanaman daun dewa juga mempunyai khasiar untuk jadikan obat untuk :rematik. Ambillah 30 gram daun tanaman daun dewa segar, bersihkan bersih lantas rebus. lumatkan serta peras dengan diberi sedikit air. minum saban hari. atau, siapkan 30 gram daun tanaman daun dewa segar, 10 gram jahe merah, serta 30 gram akar sawi langit. masukkan ke didalam 600 cc air, lantas rebus sampai air tersisa 300 cc. saring dengan kain bersih, minum.
  • kencing manis. ambillah 5 helai daun tanaman daun dewa segar, seduh dengan 110 cc air. minum sekali 1 hari sejumlah 100 cc.
  • Perdarahan serta payudara membengkak. Siapkan 15 gram daun tanaman daun dewa, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa separuh. minum sesudah dingin, 1 hari tiga kali 1/2 gelas.
  • Jantung. Ambillah 10 gram umbi daun dewa segar, tumbuk halus, lantas imbuhkan air 1/2 gelas. saring ampas, lantas minum tiap-tiap sore.
  • Luka bakar serta luka teriris. Tumbuk umbi daun dewa, makin sedikit gula merah sampai jadi adonan layaknya salep. oleskan ke bagian luka bakar atau luka teriris, lantas balut.
  • Gigitan binatang buas. Ambillah umbi daun dewa secukupnya, tumbuk halus. tambahkan di bagian tubuh yang tergigit binatang buas, lantas balut.

Manfaat dan Khasiat Alpukat

Manfaat dan Khasiat : Alpukat ( Persea americana, Lauraceae ) terhitung buah yang istimewa lantaran memiliki kandungan lemak 20-30 kali semakin banyak dibanding dengan buah-buahan yang lain. kandungan lemak ini bisa berikan daya yang cukup saat dikonsumsi. type lemak yang dikandungnya yaitu lemak tidak jemu, yang kebetulan gampang dicerna serta bermanfaat untuk tubuh. karena, alpukat menyedikan daya yang cukup tinggi dibalik terasa yang gurih serta lezat dan tidak pahit.

Manfaat dan Khasiat Alpukat
Alpukat / Persea Americana
Bila dipilah, kandungan nutrisi yang dikandung satu buah alpukat yaitu seperti berikut :
  • 95 mg fosfor
  • 23 mg kalsium
  • 1, 4 mg zat besi
  • 9 mg sodium
  • 1, 3 mg potasium
  • 8, 6 mg niacin
  • 660 mg vit.A
  • 82 mg vit. C.
Tak hanya kaya lemak, buah alpukat juga kaya akan mineral yang kesemuanya bermanfaat buat mengatur manfaat tubuh serta merangsang pertumbuhannya. zat besi serta tembaga yang terdapat didalamnya menolong proses regenerasi darah merah serta menghindar anemia. juga, kandungan serat dengan simultan menolong proses pencernaan. tak hanya itu, ia bisa turunkan kandungan kolesterol yang tinggi lantaran memiliki kandungan karbohidrat serta lemak tidak jemu.

Manfaat dan Khasiat buah Alpukat untuk kesehatan tubuh kita :
  • Sumber vit. E serta B
  • Turunkan kolesterol darah
  • Melembabkan kulit
  • Menolong regenerasi darah merah
  • Menghindar anemia
  • Menghindar konstipasi
  • Menghindar malnutrisi
  • Sumber kandungan lemak tidak jenuh

Manfaat dan Khasiat Abiu

Manfaat dan Khasiat : Buah abiu ( Pouteria caimito ) yaitu sejenis sawo segar dari australia. terasa aneh serta tidak biasa. memiliki bentuk juga tidak menyerupai sawo, walau pohon abiu mempunyai karakter yang serupa dengan kerabat sawo-sawoan, yakni berkayu serta dapat meraih tinggi 15cm. buahnya sendiri berupa lonjong sampai membulat, dengan ukurang panjang 6-12 cm serta bobot 150-500 gram / buah.

Mnfaat dan Khasiat buah Abiu
Abiu
Lantaran banyak dibudidayakan di australia, tumbuhan yang terhitung didalam spesies puteria caimito serta keluarga sapotaceae ini lebih dikenal dengan sebutan sawo australia. walau sebenarnya, kampung halaman aslinya yaitu tempat lebih kurang amazon, dataran rendah peru, serta brazil.

Buah abiu yang adaptif di iklim tropis serta subtropis ini tumbuh subur dimulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi. keistimewaannya yang utama di banding bagian keluarga sapotaceae yang lain yaitu cepat berbuah. pada umur 2 th., tanaman asal biji mulai berbunga. dua bln. lantas, bunga jadi buah berwarna hijau serta berangsur jadi kuning cerah saat telah masak / masak.

Daging buah abiu berwarna putih bening dengan rasa khas manis legit serta segar. ada yang menggambarkannya layaknya rasa kelapa muda, tetapi ada juga yang menyetarakannya dengan gabungan susu serta karamel. lantaran dagingnya lembek serta sedikit berair, abiu bisa dimakan dengan langkah dibelah melintang atau membujur atau juga dengan disedok. pada masing-masing buah ada 1-5 biji abiu.

Tak hanya bisa dimakan segera, buah abiu bisa diolah jadi beragam makanan khusus, layaknya abiu langkahmbola chicken breast ( dada ayam goreng dimasak dengan jus abiu serta belimbing ), abiu tart, sweet & sour abiu & beefburger, dan seterusnya. lantaran banyak memiliki kandungan vitam a, b3, serta c, dan kaya sumber kalori serta serat, buah abiu juga mempunyai banyak faedah untuk kesehatan kita. di brasil sendiri.

Manfaat dan Khasiat  buah abiu yaitu meringankan batuk, bronchitis, serta keluhan pernafasan atau paru-paru. namun getah pohon abiu bermanfaat jadi obat cacing, obat pencahar, serta mengobati luka bengkak.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan

Manfaat dan Khasiat : Ciplukan (Physalis Peruviana)

Dalam bahasa latin disebut physalis angulata adalah di antara tumbuhan herbal yang hidup semusim serta memiliki tinggi lebih kurang 1 meter saja. ceplukan atau ciplukan ( physalis angulata ) yang memiliki buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan beragam faedah terlebih jadi tanaman herbal ( obat-obatan ).

Ceplukan atau ciplukan dikebal dengan beragam nama tempat ( lokal ) layaknya keceplokan, ciciplukan ( jawa ), nyornyoran, yoryoran, ( madura ), cecendet, cecendetan, cecenetan ( sunda ), kopok-kopokan, kaceplokan, angket ( bali ), leletep ( sebagian sumatra ), leletokan ( minahasa ), kenampok, dedes ( sasak ), lapunonat ( tanimbar, seram ), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan sebagainya.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan (Physalis Peruviana)
Ciplukan (Physalis Peruviana)
Didalam bahasa inggris dikenal jadi cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, serta winter cherry. namun didalam bhs ilmiah ( latin ) disebut jadi physalis angulata yang bersinonim dengan physalis minima serta physalis peruviana.

Ceplukan adalah tanaman semusim yang memiliki tinggi lebih kurang 1 meter. batang ciplukan berongga serta bersegi tajam.

Daun ceplukan berupa bln. telur dengan ujungnya yang meruncing. pinggir daun kadang-kadang rata kadang-kadang tidak dengan panjang daun pada 5-15 cm serta lebar 2-10 cm.

Bunga ceplukan ( physalis angulata ) ada di ketiak daun, dengan tangkai tegak berwarna keunguan serta dengan ujung bunga yang mengangguk. kelopak bunga sharing lima, dengan taju yang bersudut tiga serta meruncing. mahkota bunga menyerupai lonceng, berlekuk lima berwarna kuning muda dengan noda kuning tua serta kecoklatan di leher bagian didalam. benang sari berwarna kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Buah ceplukan ( physalis angulata ) ada didalam bungkus kelopak yang menggelembung berupa telur berujung meruncing berwarna hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, dengan panjang lebih kurang 2-4 cm. buah buni didalamnya berupa bulat memanjang berukuran pada 1, 5-2 cm dengan warna kekuningan bila masak. rasa buah ciplukan manis serta kaya faedah jadi herbal.

Pohon ceplukan dianggap datang dari tempat tropis amerika serta tersebar ke beragam lokasi di amerika, pasifik, australia, serta asia terhitung indonesia. di indonesia, ciplukan tumbuh dengan alami di semak-semak dekat pemukiman sampai tepian rimba. tumbuhan yang kaya faedah jadi obat-obatan ( herbal ) ini dapat hidup sampai ketinggian 1. 600 meter dari permukaan laut.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan sebagai obat:
Influenza, sakit tenggorok ,bronchitis, gondongan, pembengkakan buah pelir, bisul, borok, DM, Ayan, pembengkakan prostate .Uji pra klinis Anti tumor dan leukemia 5x lebih kuat dari Tapak Dara.

Manfaat dan Khasiat Cakar Ayam

Manfaat dan Khasiat : Cakar Ayam (Selaginella Doderleini Hieron)

Familia :
Selaginellaceae

Uraian :

Termasuk divisi Pteridophyta, tumbuhan paku-pakuan ini tumbuh pada tebing, jurang, dan tempat-tempat teduh yang berhawa dingin. Batang tegak, tinggi 15 - 35 cm, keluar akar pada percabangan. Daunnya kecil-kecil, panjang 4 - 5 mm, lebar 2 mm, bentuk jorong, ujung meruncing, pangkal rata, warna daun bagian atas hijau tua, bagian bawah hijau muda. Daun tersusun di kiri kanan batang induk sampai kepercabangannya, yang menyerupai cakar ayam dengan sisik-sisiknya.
Manfaat dan Khasiat Cakar Ayam
Cakar Ayam / Selaginella
Nama Lokal :
Rumput solo, cemara kipas gunung; Shi shang be (China).;

Penyakit Yang Dapat Diobati :
Kanker paru, Bronkhitis, Radang paru, Tonsilis, Batuk, Koreng; Hepatitis, Perut busung, infeksi saluran kencing, Tulang patah; Reumatik;

Manfaat dan Khasiat Cakar Ayam :
1. Chorioepithelioma, choriocarcinoma, kanker nasopharynx, kanker
paru.
2. infeksi saluran nafas, bronchitis, radang paru (Pneumonia), tonsilitis.
3. Batuk, serak, koreng.
4. Hepatitis, cholecystitis, cirrhosis (Pengecilan hati), perut busung
(ascites), infeksi akut saluran kencing.
5. Tulang patah (fraktur), rheumatik.

PEMAKAIAN : 15 - 30 gr , untuk pengobatan kanker; 50 - 100 gr, rebus selama 3 - 4 jam.

PEMAKAIAN LUAR :
Tanaman segar dilumatkan, tempel ke tempat yang sakit.

CARA PEMAKAIAN:
1. Kanker :
60 gr S. doederleinii kering direbus selama 3 - 4 jam dengan api
kecil, minum setelah dingin.

2. Batuk, radang paru, radang amandel (Tonsilitis):
30 gr S.doederleinii direbus, minum.

3. Jari tangan bengkak: Dilumatkan, tempel ke tempat yang sakit.

4. Tulang patah:
15 - 30 gr S.doederleinii segar direbus, minum.
Pemakaian Luar, Cakar Ayam dilumatkan dan ditempelkan ke tempat yang patah,
bila patahnya tertutup dan posisi tulangnya baik.

Sudah dibuat infus, tablet dan obat suntik.
Untuk kanker : 18 tablet 60 gr herba segar.
Diminum sehari 3 x 6 - 8 tablet.
Obat Paten : Decancerlin.

Komposisi :

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Manis, hangat. Penurun panas, antitoxic, anti kanker (antineoplastic), menghentikan perdarahan (hemostatik), anti bengkak (antioedem).

Manfaat dan Khasiat Bidara Upas

Manfaat dan Khasiat : Bidara Upas ( Merremia mammosa )

Indonesia memiliki jumlah besar tanaman obat. Banyak dari mereka telah dinilai oleh penelitian ilmiah. Tetapi pengetahuan tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi juga umumnya dapat diandalkan.Bidara Upas (Merremia mammosa ), nama lokal Blanar, widara upas (Jawa), hailale (Ambon). Daunnya terasa pahit dan bahwa daun dengan rasa demikian menurut pengalaman peracik jamu, daun dan buah yang terasa pahit, seperti brotowali (Tinosporae crispa), dan mahoni (Swietenia mahagoni Jacq), biasanya memiliki properti untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tumbuhan ini tumbuh liar di hutan, kadang di tanam di halaman dekat pagar sebagai tanaman obat atau karena umbinya dapat dimakan. Tumbuh dengan baik di daerah tropik dari dataran rendah sampai ketinggian 250 m.Merupakan tanaman merayap atau membelit yang panjangnya 3-6 m, batangnya kecil bila dipegang agak licin dan warnanya agak gelap. Daun tunggal, bertangkai panjang, berbentuk jantung, tepi rata, ujung meruncing, panjang 5-12 cm, lebar 4-15 cm, warnanya hijau tua. Perbungaan berbentuk payung menggarpu berkumpul 1-4 bunga, bentuknya seperti lonceng berwarna putih, panjang 7-8 cm, dengan 4 helai kelopak. Umbi berkumpul didalam tanah, mirip ubi jalar.
Manfaat dan Khasiat Bidara Upas
Bidara Upas
Bila tanahnya kering dan tidak tergenang air serta gembur, beratnya dapat mencapai 5 kg atau lebih. Warna kulit umbinya kuning kecoklatan, kulitnya tebal bergetah warna putih, bila kering warnanya menjadi coklat. Perbanyakan dengan stek batang atau menanam umbinya. Yang dimaanfaatkan pada tumbuhan ini adalah Umbinya.

Kandungan kimia Damar, resin, pati, zat pahit. Getah segar mengandung zat oxydase (Anonim, 2005). Dalam pengobatan tradisional, umbi Bidara Upas (M. mammosa (Lour.) Hall.f.) sering digunakan terapi pengobatan kanker. Kandungan zat oksidase pada getah segar Bidara Upas (M. mammosa (Lour.) Hall.f.) juga diduga memiliki peran dalam pengobatan kanker alternatif.

Manfaat dan Khasiat Bidara Upas:


- Bidara Upas adalah sebagai : Laktagog, Antiinflamasi, Antipiretik- Demam, batuk, serak.
- Difteri, Radang tenggorok, radang paru, radang usus buntu.
- Typhus, sembelit, buang air besar darah dan lendir.
- Muntah darah.
- Kencing manis (DM), Batu kandung kencing, Keracunan makanan,
gigitan ular.
- Kanker, kusta, syphilis (Lues).


Selain diminum langsung sari perasan umbinya dan dalam bentuk ekstrak ada juga beberapa Resep Tradisional Bidara Upas:


Batuk seratus hari
Menyediakan kaki Bidara upas sebesar 1 / 2 jempol yang bersih, dan jahitan seduh dengan air panas, mengaduk-aduk lalu didinginkan. Saring dan tambahkan sedikit madu. Minum. Buatlah ramuan ini 3 kali sehari. Bisa juga menggunakan ramuan lidah buaya. Lidah buaya dikupas kulitnya dan mengambil daging dari dua jari, dan kemudian dicincang. Tambahkan air hangat dan madu, dan diberikan kepada anak 1-2 kali sehari.


Batuk karena angin atau dahak sulit keluar.
Sediakan 1 bawang merah, iris butir, 1 ruas jari jahe parut dan air kemudian meremas, 7 butir adas manis, 1 ruas jari kunyit dan meremas dan air parut, 1 sdm air jeruk nipis, dan 1 / 2 cangkir air. Masukkan semua bahan di cangkir, dan uap dan kemudian disaring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2 tsp.
 

Batuk berlendir.
Campurkan air jahe 1 sendok makan air 1 sendok makan kunyit, 1 siung bawang putih, iris, 1 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan madu dan 3 sendok makan air, kemudian dikukus. 3-4 kali sehari yang diberikan kepada 2 tsp.
 

Mimisan
Lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, spiral dan masukan ke hidung anak. Untuk perawatan tubuh dengan bahan-bahan: 1 / 2 jempol umbi Bidara upas yang sudah bersih diparut dan masukan satu cangkir air panas, kemudian disaring, dan setelah dingin yang diberikan kepada anak-anak ditambah sedikit madu.
 

Memar
Rendam 1 sendok makan beras.hancurkan kencur bersama-sama dan memberikan sedikit garam. Setelah halus, paste pada bagian yang bengkak.

Manfaat dan Khasiat Brotowali

Brotowali (Tinospora crispa)

Tumbuhan yang satu ini memang sudah biasa digunakan sebagai obat herbal oleh sebagian masyarakat kita. Namun apa sih kandungan dari brotowali itu...dan khasiatnya sebagai apa...? Apakah ada efek samping yang ditimbulkannya...? Simak artikel berikut yang saya kutip dari berbagai sumber:

Apa Manfaat dan Khasiat Brotowali?

Pahit tapi Berkhasiat Bagian tanaman yang dimanfaatkan sebagai obat adalah batang dan daunnya. Kedua bagian tanaman tersebut biasanya direbus dengan sejumlah air dan menghasilkan cairan yang rasanya sangat pahit atau di kalangan jamu jawa dikenal sebagai pahitan. Rasa pahit brotowali dihasilkan oleh senyawa pikroretin.
Manfaat dan Khasiat Brotowali
Brotowali
Brotowali juga mengandung alkaloid, damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, harsa, berberin, dan palmatin. Sedangkan di bagian akarnya mengandung alkaloid berberin dan kolumbin. “Brotowali berkhasiat mengobati beragam penyakit diantaranya, kencing manis (diabetes melitus), demam, radang hati (hepatitis), rematik, sciatika, sakit perut, diare, dan malaria,”. Brotowali juga ampuh mengobati luka, kudis (skabies), dan koreng. Secara tradisional, tanaman ini biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan gatal-gatal serta menambah nafsu makan. Para penjual jamu gendong biasanya meramu herba lain yang sudah digunakan secara turun temurun.

Obat tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit dalam maupun luar. mempunyai banyak kandungan zat2 bermanfaat. Kandungan alkaloid berberina berguna untuk membunuh bakteri pada luka.Zat pahit pikroretin dapat merangsang kerja urat saraf sehingga alat pernapasan bekerja dengan baik dan menggiatkan pertukaran zat sehingga dapat menurunkan panas.Selain sebagai obat, brotawali juga berfungsi sebagai penambah nafsu makan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebagai obat, bratawali biasa direbus dan diminum ataupun dioleskan pada kulit untuk luka luar. Penyakit-penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan bratawali ialah rheumatic arthritis, rheumatik sendi, demam, demam kuning, kencing manis, malaria, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.


KEGUNAAN :

1. Rheumatic arthritis, rheumatik sendi pinggul (sciatica), memar.
2. Demam, merangsang nafsu makan, demam kuning.
3. Kencing manis.

PEMAKAIAN : 10 - 15 gr , rebus , minum.

PEMAKAIAN LUAR : Air rebusan batang brotowali dipakai untuk cuci koreng, kudis, luka-luka.

CARA PEMAKAIAN :

1.Rheumatik : 1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong seperlunya, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Setelah dingin disaring, ditambah madu secukupnya, minum. Sehari 3 x 1/2 gelas.

2.Demam kuning (icteric) : 1 jari batang brotowali dicuci dan potong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2 x 3/4 gelas.

3.Demam : 2 jari batang brotowali direbus dengan 2 gelas air, sampai menjadi 1 gelas. Setelah dingin, diminum dengan madu secukupnya. Sehari 2x 1/2 gelas.

4.Kencing manis : 1/3 genggam daun sambiloto, 1/3 genggam daun kumis kucing, 3/4 jari ± 6 cm batang brotowali dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Diminum setelah makan, sehari 2 X 1 gelas.

5.Kudis (scabies) : 3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Dipakai untuk melumas kulit yang terserang kudis. Sehari 2 x.

6.Luka : Daun brotowali ditumbuk halus, letakkan pada luka, diganti 2 x perhari. Untuk mencuci luka, dipakai air rebusan batang brotowali.

Manfaat dan Khasiat Handeuleum

Manfaat dan Khasiat : Handeuleum (Daun Wungu) (Graptophylum pictum Griff)

Tumbuhan perdu berbatang tegak ini biasanya tumbuh liar di daerah dataran rendah. Kadang-kadang di tanam juga sebagai tanaman hias di halaman rumah.

Tanaman handeuleum ini bisa mencapai tinggi 1,5 sampai 3 meter. Daunnya berwarna ungu dan bergelombang di bagian pinggirnya. Bunga handeuleum berwarna merah tua berupa bulir-bulir.

Manfaat dan Khasiat Hendeuleum atauu Daun Wungu
Hendeuleum / Daun Wungu
Manfaat dan Khasiat Handeuleum.

Handeuleum mengandung lendir yang bermanfaat untuk melunakkan kotoran sehingga bisa untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain itu juga mengandung zat tanin, alkaloid, sitosterol glikosida. Handeuleum (daun ungu) ini juga bersifat mendinginkan.

Untuk mengobati Reumatik (encok), ambil segenggam daun handeuleum dan di cuci. Kemudian ditumbuk dan oleskan pada bagian tubuh yang kena encok.

Cara pengobatan: Wasir: 10 g daun handeuleum segar dicuci bersih lalu direbus dalam 2 gelas air sampai air rebusan tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan pagi dan sore masing-masing ½ gelas. Memar: kulit batang dibersihkan lalu ditumbuk halus kemudian dibalurkan dan dibalut dengan perban pada daerah yang memar. Ganti 2 kali sehari. Sembelit: cuci 7 lembar daun lalu rebus dengan 2 gelas air hingga 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus.

Manfaat dan Khasiat Sambiloto

Manfaat dan Khasiat : Sambiloto (Andrographis paniculata), adalah sejenis tanaman herba dari famili Acanthaceae, yang berasal dari India dan Sri Lanka. Sambiloto juga dapat dijumpai di daerah lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, serta beberapa tempat di benua Amerika.

Manfaat dan Khasiat Sambiloto
Sambiloto
Genus Andrographis memiliki 28 spesies herba, namun hanya sedikit yang berkhasiat medis, salah satunya adalah Andrographis paniculata (sambiloto). Daun sambiloto banyak mengandung senyawa Andrographolide, yang merupakan senyawa lakton diterpenoid bisiklik. Senyawa kimia yang rasanya pahit ini pertama kali diisolasi oleh Gorter pada tahun1911.

Andrographolide memiliki sifat melindungi hati (hepatoprotektif), dan terbukti mampu melindungi hati dari efek negatif galaktosamin dan parasetamol. Khasiat ini berkaitan erat dengan aktifitas enzim-enzim metabolik tertentu. Sambiloto telah lama dikenal memiliki khasiat medis.

Ayurveda adalah salah satu sistem pengobatan India kuno yang mencantumkan sambiloto sebagai herba medis, dimana sambiloto disebut dengan nama Kalmegh pada Ayurveda.

Selain Manfaat dan Khasiat melindungi hati, sambiloto juga dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan karena senyawa aktifnya, yakni Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).

Manfaat dan Khasiat Keji Beling

Manfaat dan Khasiat : Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”.

Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida.

Manfaat dan Khasiat Keji Beling
Keji Beling
Manfaat dan Khasiat Keji Beling sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol. Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.

Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut. Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal.

Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari. Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

Manfaat dan Khasiat Kunyit

Manfaat dan Khasiat : Tanaman Obat Kunyit ( Kaempferia rotunda L.)
Kunyit merupakan tanaman obat berupa semak dan bersifat tahunan (perenial) yang tersebar di seluruh daerah tropis. Tanaman kunyit tumbuh subur dan liar disekitar hutan/bekas kebun.

Manfaat dan Khasiat Kunyit
Kunyit

Diperkirakan berasal dari Binar pada ketinggian 1300-1600 m dpl, ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Di daerah Jawa, kunyit banyak digunakan sebagai ramuan jamu karena berkhasiat menyejukkan, membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal, dan menyembuhkan kesemutan.

Manfaat dan khasiat utama tanaman kunyit, yaitu: sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu masak, peternakan dll. Disamping itu rimpang tanaman kunyit itu juga bermanfaat sebagai anti inflamasi, anti oksidan, anti mikroba, pencegah kanker, anti tumor, dan menurunkan kadar lemak darah dan kolesterol, serta sebagai pembersih darah.

Manfaat dan Khasiat Kunyit lainnya adalah: Anti inflamasi,astringen.Panas dalam,buang air besar banyak,nyeri perut,peluruh kentut,nafsu makan kurang.

Klasifikasi Tanaman Kunyit

Manfaat dan Khasiat Temulawak

Manfaat dan Khasiat : Temulawak (Curcuma xanthorhiza roxb) yang termasuk dalam keluarga Jahe (zingiberaceae), Temulawak ini sebagai tanaman obat asli Indonesia. Namun demikian Penyebaran tanaman Temulawak banyak tumbuh di pulau Jawa, Maluku dan Kalimantan. Karakteristik Temulawak tumbuh sebagai semak tanpa batang.

manfaat dan khasiat temulawak
Temulawak

Mulai dari pangkalnya sudah berupa tangkai daun yang panjang berdiri tegak. Tinggi tanaman antara 2 m s/d 2,5 m. Daunnya panjang bundar seperti daun pisang yang mana pelepah daunnya saling menutup membentuk batang. Tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 750 m diatas permukaan laut, tanaman ini bisa dipanen setelah 8-12 bulan dengan ciri-ciri daun menguning seperti mau mati.

Umbinya akan tumbuh di pangkal batang berwarna kuning gelap atau coklat muda dengan diameter panjang 15 cm dan 6 cm, baunya harum dan sedikit pahit agak pedas. temulawak sudah lama digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang kita untuk mengobati sakit kuning, diare, maag, perut kembung dan pegal-pegal.

Terakhir juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan lemak darah, mencegah penggumpalan darah sebagai antioksidan dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya kekebalan tubuh. Dengan banyak manfaat yang nyata secara medis tersebut maka pemerintah mencanangkan “Gerakan Minum Temulawak” sejak 2 tahun yang lalu.

Manfaat dan Khasiat Temulawak lainnya adalah kurang ASI, limpa, asma, cacar air, sariawan, hepatitis, kandung empedu (bukan sal.nya tersumbat), nyeri sendi dan tulang.

Klasifikasi Tanaman Temulawak