Manfaat dan Khasiat Terong

Terong (eggplant) memiliki nama ilmiah Solanum melongena yang mempunyai manfaat yang sangat baik untuk tubuh kita. Terong ini berasal dari Sri Lanka dan India yang memiliki nama latin Solanum melongena, dari famili Solanaceae dan genus Solanum, Tanaman ini memiliki tunggi sekitar 40-150 cm, batang berduri, warna bunga putih sampai ungu, serta memiliki benang sari berwarna kuning. Tanaman terong masih berkerabat dekat dengan temabakau. Buah terong memiliki ukuran yang berbeda-beda serta warna yang beragam.

Manfaat dan Khasiat Terong
Manfaat dan Khasiat Terong
Terong Untuk Kesehatan

Terong ini memiliki banyak manfaat yang sudah terbukti untuk menyehatkan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat terong yang dimaksud:

Menghambat kerusakan pembuluh darah

Kita dapat memperoleh manfaat dari terong ini disebabkan karena terong mengatasi dan menekan arterosklerosis yang sering disebut dengan buah penetral kerusakan pembuluh arteri.

Mengatasi gusi berdarah
250 gram terung ungu
100 gram akar teratai
Dimasak sesuai selera lalu dimakan

Oleh karena adanya kemampuan ini, maka buah terong ini juga bisa mengatasi gangguan transportasi darah pada pembuluh arteri dan juga mengatasi timbunan lemak.

Mengatasi epilepsi

Kandungan terong yang terdiri dari skoparon, skopolamin, skopoletin dan striknin membuat terong memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit epilepsi seperti kekejangan pada sarag, atau gugup/sawanan.

Mengatasi sakit pinggang

Masyarakat korea telah membuktikan manfaat dari buah terong yang satu ini. Mereka menggunakan terong untuk mengatasi sakit pinggan yang berupa pinggang kaku, nyeri, encok, dll dengan cara mengeringkan buah terong kemudian mengkonsumsinya.

Mengatasi Kanker dan Sebagai Kontrasepsi

Buah terong memiliki kemampuan untuk melawan sel kanker. Buah ini mengandung tripsin (protease)inhibitor yang dapat melawan zat pemicu kanker. Jus terong yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu mengatasi kerusakan yang terjadi pada sel yang mengalami penyimpangan kromosom/terkena kanker.

Buah terong memang dikenal dapat menjadi antikanker. Masyarakat di Nigeria menggunakan terong sebagai kontrasepsi pada pria. Mereka percaya, bahwa gugup dapat diatasi dengan buah terong. Ternyata telah dilakukan pembuktian tentang itu dengan memberi makan marmut buah terong.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.