Manfaat dan Khasiat Ciplukan

Manfaat dan Khasiat : Ciplukan (Physalis Peruviana)

Dalam bahasa latin disebut physalis angulata adalah di antara tumbuhan herbal yang hidup semusim serta memiliki tinggi lebih kurang 1 meter saja. ceplukan atau ciplukan ( physalis angulata ) yang memiliki buah khas yang tertutup oleh pembesaran kelopak bunga ini kaya akan beragam faedah terlebih jadi tanaman herbal ( obat-obatan ).

Ceplukan atau ciplukan dikebal dengan beragam nama tempat ( lokal ) layaknya keceplokan, ciciplukan ( jawa ), nyornyoran, yoryoran, ( madura ), cecendet, cecendetan, cecenetan ( sunda ), kopok-kopokan, kaceplokan, angket ( bali ), leletep ( sebagian sumatra ), leletokan ( minahasa ), kenampok, dedes ( sasak ), lapunonat ( tanimbar, seram ), daun kopo-kopi, daun loto-loto, padang rase, dagameme, angket, dededes, daun boba, dan sebagainya.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan (Physalis Peruviana)
Ciplukan (Physalis Peruviana)
Didalam bahasa inggris dikenal jadi cutleaf groundcherry, wild tomato, camapu, serta winter cherry. namun didalam bhs ilmiah ( latin ) disebut jadi physalis angulata yang bersinonim dengan physalis minima serta physalis peruviana.

Ceplukan adalah tanaman semusim yang memiliki tinggi lebih kurang 1 meter. batang ciplukan berongga serta bersegi tajam.

Daun ceplukan berupa bln. telur dengan ujungnya yang meruncing. pinggir daun kadang-kadang rata kadang-kadang tidak dengan panjang daun pada 5-15 cm serta lebar 2-10 cm.

Bunga ceplukan ( physalis angulata ) ada di ketiak daun, dengan tangkai tegak berwarna keunguan serta dengan ujung bunga yang mengangguk. kelopak bunga sharing lima, dengan taju yang bersudut tiga serta meruncing. mahkota bunga menyerupai lonceng, berlekuk lima berwarna kuning muda dengan noda kuning tua serta kecoklatan di leher bagian didalam. benang sari berwarna kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Buah ceplukan ( physalis angulata ) ada didalam bungkus kelopak yang menggelembung berupa telur berujung meruncing berwarna hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, dengan panjang lebih kurang 2-4 cm. buah buni didalamnya berupa bulat memanjang berukuran pada 1, 5-2 cm dengan warna kekuningan bila masak. rasa buah ciplukan manis serta kaya faedah jadi herbal.

Pohon ceplukan dianggap datang dari tempat tropis amerika serta tersebar ke beragam lokasi di amerika, pasifik, australia, serta asia terhitung indonesia. di indonesia, ciplukan tumbuh dengan alami di semak-semak dekat pemukiman sampai tepian rimba. tumbuhan yang kaya faedah jadi obat-obatan ( herbal ) ini dapat hidup sampai ketinggian 1. 600 meter dari permukaan laut.

Manfaat dan Khasiat Ciplukan sebagai obat:
Influenza, sakit tenggorok ,bronchitis, gondongan, pembengkakan buah pelir, bisul, borok, DM, Ayan, pembengkakan prostate .Uji pra klinis Anti tumor dan leukemia 5x lebih kuat dari Tapak Dara.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.