Manfaat dan Khasiat Madu

Manfaat dan Khasiat Madu. Madu sering juga disebut-sebut sebagai cairan ajaib. Hal ini dikarenakan Manfaat dan Khasiat madu untuk kesehatan tubuh serta kecantikan tidak diragukan lagi. Bahkan sejak jaman dulu madu sudah digunakan sebagai obat maupun bahan obat. Dalam ajaran Islam, sejarah Mesir, dan sejarah peradaban China sekalipun madu sudah dikenal dan dimanfaatkan khasiatnya.

Manfaat dan Khasiat Madu
Manfaat dan Khasiat Madu
Nilai nurtrisi per 100 g (3.5 oz) :

Energi : 1.272 kJ (304 kcal)
Karbohidrat : 82.4 g
Gula : 82.12 g
Serat pangan : 0.2 g
Lemak : 0 g
Protein : 0.3 g
Air : 17.10 g
Riboflavin (Vit. B2) : 0.038 mg (3%)
Niacin (Vit. B3) : 0.121 mg (1%)
Pantothenic acid (B5) : 0.068 mg (1%)
Vitamin B6 : 0.024 mg (2%)
Folate (Vit. B9) : 2 μg (1%)
Vitamin C : 0.5 mg (1%)
Calcium : 6 mg (1%)
Iron : 0.42 mg (3%)
Magnesium : 2 mg (1%)
Phosphorus : 4 mg (1%)
Potassium : 52 mg (1%)
Sodium : 4 mg (0%)
Zinc : 0.22 mg (2%

Manfaat Madu
Manfaat Madu
Manfaat dan Khasiat madu untuk kesehatan :

  1. Mencegah Kanker. Kandungan flavonoids yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.
  2. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh). Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
  3. Meningkatkan Stamina. Menurut hasil penelitian, madu dapat meningkatkan performa (ergogenic),yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.
  4. Sumber vitamin dan mineral. Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan mineral tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.
  5. Menghalau bakteri dan jamur. Madu juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi. Jika seserorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk di oleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.
  6. Menurunkan berat badan. Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yag dibutuhkan tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampung dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.
  7. Mengobati batuk dan radang tenggorokan. Seperti hanya pada point 6, kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.
  8. Madu untuk Awet muda. Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduannya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Manis alami madu digunakan di Inggris hingga pertengahan abad ke-17. Kebiasaan tersebut sempat berubah ketika gula yang dianggap lebih berkelas mulai di produksi. Namun setelah gula semakin meluas pemakaiannya tak lagi terbatas pada kalangan atas, keluarga kerajaan kembali mengkonsumsi madu. Itulah sebabnya kesehatan mereka terjaga dengan baik.

Itulah Manfaat dan Khasiat Madu tersebut. Selain madu itu, dari rumah lebah bisa kita manfaatkan sebagai penyambung tulang pada penderita patah tulang. jadi jika ada teman, saudara yang sedang patah tulang, anda dapat mengkonsumsi rumah lebah itu. Tapi dengan syarat, rumah lebah itu masih muda atau tidak terlalu tua. anda dapat langsung mengkonsumsinya. ini adalah pengalaman pribadi saya.

Mungkin ada tambahan manfaat dari madu tersebut, silahkan anda tambahkan di kotak komentar.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.