Manfaat dan Khasiat Buah Pinang

Pinang merupakan sejenis tumbuhan yang banyak ditemukan di kawasan Pasifik, Afrika dan juga benua Asia. Bagi Indonesia, pinang dianggap sebagai bagian dari budaya leluhur sebab ia merupakan salah satu buah yang sering dijadikan pelengkap upacara adat. Selain itu, pinang juga populer dijadikan pelengkap budaya menyirih di berbagai daerah di Indonesia.

Manfaat dan Khasiat Buah Pinang
Manfaat dan Khasiat Buah Pinang
Manfaat dan khasiat buah pinang muda adalah sejumlah senyawa penting yang terkandung di dalamnya.  Menurut penelitian ilmiah, buah pinang muda mengandung Arecoline, Arecaidine, Zat warna phlobapheen atau areca red, guracine atau guacine, guvacoline, senyawa alkaloid dan masih banyak lagi lainnya. Dengan sederet kandungan tersebut, wajar jika kemudian khasiat buah pinang muda juga berderet, antara lain sebagai obat cacing, menghentikan mimisan, menguatkan gusi, menghentikan pendarahan, kudis, sariawan, disentri, batu ginjal dan masih banyak lagi lainnya.

Selain memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, ternyata buah pinang muda juga bisa dimanfaatkan dalam keseharian masyarakat. Zat pewarna alami yang terkandung di dalam buah pinang muda memang banyak digunakan sebagai bahan pewarna serat. Jauh lebih mudah, alami dan tentu berkualitas. Warna merah anggur pada buah pinang muda ini bersumber dari senyawa phobapheen yang terkandung di dalamnya.
pinang juga sangat bagus digunakan untuk meutihkan gigi, tapi dalam penggunaanya ada caranya tersendiri. Jika anda ingin mencoba silahkan lakukan seperti di bawah ini:

Manfaat lain dari Buah Pinang tersebut, dapat memutihkan Gigi. Caranya sebagai Berikut :

Ambillah sebuah pinang, kemudian bakar bijinya hingga seperti arang. Setelah itu haluskan arang tadi sampai lembut. Gosokkan ke gigi dengan sabut pinang atau kain katun.Lakukan secara rutin 2 minggu sekali, agar gigi tetap putih bersih.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.