Manfaat dan Khasiat Kopi

Kopi adalah minuman yang banyak disukai dan diminati oleh masyarakat Indonesia maupun Masyarakat luar. Kopi memang terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Selain sebagai penambah stamina dan energi, ternyata dapat menghilangkan rasa tidak percaya diri, lelah, bahkan membantu seseorang untuk relax.
Manfaat dan Khasiat Kopi
Manfaat dan Khasiat Kopi
Efek ini biasanya baru akan terlihat beberapa jam kemudian setelah mengonsumsi kopi. Namun selain untuk diminum, ternyata banyak manfaat lain dari kopi yang bisa kita peroleh.

  1. Melindungi Taman. Agar hewan peliharaan menjauhi kebun kesayangan, kita juga bisa mencampurkan bubuk kopi dan kulit jeruk di sekitar taman.
  2. Membuat Rambut Berkilau. Banyak ahli yang bilang kalau kopi adalah rahasia rambut indah. Caranya, oleskan minuman kopi pada rambut yang basah diamkan sebentar  kemudian bilas hingga bersih.
  3. Untuk Mencuci Piring. Bubuk kopi mampu membantu kita dalam mencuci piring dan peralatan memasak lain yang penuh minyak agar terhindar dari bau dan membersihkan permukaan yang lengket karena minyak.
  4. Pupuk. Bubuk kopi adalah bahan alami untuk membuat pupuk kompos dan menyuburkan tanaman di kebun.
  5. Mengusir Serangga. Kopi ampuh mengusir serangga, terutama semut. Cukup sebarkan bubuk kopi ke sekitar area yang dipenuhi semut, lalu semut akan menghidar dari area itu.
  6. Untuk Mencuci Tangan. Setelah memasak, bau yang menempel pada tangan bisa dihilangkan dengan cara mencuci tangan bersama dengan bubuk kopi.
  7. Menyamarkan Bekas Kerusakan Pada Furnitur. Kopi mampu menyamarkan bekas kerusakan pada furnitur hanya dengan mengoleskan ampas kopi untuk membuat furnitur tampak seperti baru.
  8. Menghilangkan Selulit. Punya selulit membandel? Campur biji kopi dengan minyak pijat, kemudian aplikasikan pada kulit yang berselulit. Bahan tersebut ampuh menghilangkan selulit.    
  9. Pewarna alami. Kopi juga merupakan pewarna alami yang bisa kita gunakan untuk mendekorasi kue atau makanan lainnya.
  10. Hiasan. Biji kopi di dalam vas kaca bening adalah cara unik untuk membuat dekorasi di atas meja atau rak buku di rumah.
  11. Untuk Kulit. Agar kulit tampak lebih lembut, campur kopi bubuk ke dalam body lotion untuk memberi kelembapan ekstra pada kult sehinga kulit menjadi lebih indah dan lembut.
  12. Menyuburkan Tanaman. Kandungan nitrogen dalam bubuk kopi mampu membuat tanaman seperti bunga mawar bisa lebih subur.
  13. Mengurangi Debu. Sebelum membersihkan abu sisa pembakaran, sebarkan bubuk kopi untuk mengurangi debu dan polusi udara.
  14. Menghilangkan bau pada sepatu. Selain bau dalam rumah, bau sepatu yang tidak sedap juga bisa diatasi dengan kopi. Caranya, bungkus bubuk kopi dengan mengunakan kain tipis atau tissue lalu selipkan bungkusan kopi tersebut ke dalam sepatu biarkan semalaman
  15. Untuk Mengusir Bau. Bau ruangan yang tidak sedap dapat dinetralisir dengan meletakkan biji kopi pada wadah terbuka yang ditempatkan pada ruangan tersebut. Bau ruangan menjadi hilang dan akan tercium aroma segar dari biji kopi tersebut.
  16. Mencegah Strooke. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2009 lalu oleh Departemen Kesehatan Keluarga di Seoul, Korea Selatan, mengungkapkan bahwa kopi bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena serangan stroke. Para peneliti mengatakan 25% perempuan yang meminum kopi sebanyak satu gelas sehari akan tercegah dari serangan stroke. Sementara penelitian lain yang dilakukan di Finlandia mengatakan 12% lelaki yang meminum kopi lebih dari empat gelas sehari akan terhindar dari serangan stroke. 

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.