Manfaat dan Khasiat Beras Merah

Manfaat dan Khasiat Beras Merah. Beras Merah memiliki bermacam kegunaan yang baik untuk kesehatan tubuh. Beras Merah juga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengonsumsi beras merah tidak dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kadar serat yang tinggi pada Beras Merah dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga sangat baik untuk mencegah terjadinya sembelit.

Manfaat dan Khasiat Beras Merah lainnya akan diulas selengkapnya pada artikel kali ini.


Manfaat Beras Merah dan Khasiat Beras Merah
Manfaat dan Khasiat Beras Merah
Berikut ini Manfaat dan Khasiat Beras Merah Bagi Kesehatan Tubuh :

  1. Kaya akan Serat. Beras Merah Kaya akan kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Beras Merah juga mengandung karbrohidrat kompleks, berbeda dengan beras putih yang hanya mengandung karbohidrat sederhana. Hal ini membuat Beras Merah menjadi salah satu sumber makanan alternatif untuk para pelaku diet.
  2. Mengontrol Kadar Gula darah. Beras merah merupakan sumber energi baik yang diperlukan oleh tubuh. Menurut sebuah studi yang pernah dilakukan menemukan hasil bahwa beras merah dapat membantu mengatur kadar gula darah dan produksi insulin dalam tubuh. Hal ini karena sesuai dengan hasil penelitian tersebut, Beras merah diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik merupakan angka yang menunjukkan potensi meningkatnya gula darah yang berasal dari karbohidrat.
  3. Membantu Mempertahankan Rasa Kenyang lebih lama. Sebuah penelitian yang dilakukan di British Journal of Nutrition menemukan bahwa dengan mengonsumsi karbohidrat yang kompleks, seperti oatmeal, beras merah dan kentang, akan membuat anda lebih cepat kenyang sampai berjam-jam dan makan tidak lebih dari 320 kalori perhari. Sehingga sangat cocok dikonsumsi terutama bagi anda yang sedang menjalankan program diet yang lebih sehat.
  4. Sebagai antioksidan alami Pengangkal radikal bebas. Beras Merah banyak mengandung nutrisi yang berperan sebagai antioksidan alami, yang sangat penting bagi sistem imunitas untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Kandungan tersebut antara lain zat besi, mangan, dan zinc yang berperan juga dalam menghasilkan energi dalam tubuh. zinc, merupakan mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga sistem imun dalam tubuh agar berfungsi dengan baik.
  5. Mengandung Vitamin B6. Vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan pembentukan hormon serotonin, sel darah merah, dan membantu sel-sel DNA. Dengan mengonsumsi Beras merah secara rutin dapat membantu memenuhi kebutuhan akan vitamin B6. Satu porsi beras merah dapat memnuhi hingga 23 persen kebutuhan vitamin B6, jumlah ini diperlukan untuk menjalankan fungsi organ dalam tubuh.
  6. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat. Beras merah bagus digunakan sebagai makanan pokok. Kandungan nutrisinya terbukti mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Mengonsumsi beras merah juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh penyebab diabetes dan penyakit jantung, dan membantu meningkatkan produksi kadar kolesterol baik.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.