Manfaat dan Khasiat Jahe Merah

Manfaat Jahe Merah dan Khasiat Jahe Bagi Kesehatan (Zingiber Officinale). Mungkin ada sudah mengetahui manfaat jahe putih biasa karena lebih mudah di temui dan mudah di dapatkan. Akan tetapi jahe merah jenis super yang agak sulit ini mempunyai kandungan Manfaat dan Khasiat yang lebih komplit.

Kandungan manfaat jahe merah lebih didominasi oleh unsur-unsur kimia. Beberapa diantaranya seperti chrogenic acid, caprilic acid, capsaicin, alphalinolenic, farnese, farnesal, arginine, 10-dehydrogingerdione, 1,8cineole, 6-gingerdione, zat gingerol dan minyak terbang. Kandungan tersebut yang menjadikan punya nilai lebih daripada jahe putih biasa. Berikut saya urai lebih detail tentang manfaat jahe merah bagi kesehatan:

Manfaat Jahe dan Khasiat Jahe Merah
Manfaat dan Khasiat Jahe Merah
Kandungan, Manfaat dan Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh :

  1.  1.8 cineole. Sebagai salah satu zat yang berperan aktif sebagai pemicu aktifitas saraf, memperkuat hepar, mengatasi ejakulasi dini, mengoptimalkan produksi keringat tubuh, dapat memicu ereksi serta sebagai zat antikholinesterase dan zat anestetik.
  2. Zat caprylic acid dan limonene. Berfungsi juga sebagai antikholinesterase, dapat mengobati flu, dan juga mencegah berkembangbiaknya jamur candida albican.
  3. Zat gingerol. Gingerol merupakan kandungan zat dalam jahe merah yang dapat merangsang produksi ASI bagi ibu menyusui. Manfaat lainnya dapat menekan kadar prostaglandin serta mencegah produksi enzim siklo aksigense.
  4. 10-dehydrogingerdione dan juga 6-gingerdione. Kandungan jahe merah ini berfungsi menekan kadar prostaglandin.
  5. Zat Arginine. Arginine merupakan zat yang dapat menguatkan daya tahan sperma khususnya bagi kaum pria sehingga dapat meminimalisir tingkat kemandulan. Jadi disarankan untuk mengkonsumsi jahe merah bagi pasangan yang belum dikaruniai momongan.
  6. Alphalinolenic acid. Bagi kaum hawa jahe merah sangat cocok dikomsumsi karena dapat mencegah terjadinya pendarahan di luar dari masa haid / menstruasi, meningkatkan kekebalan tubuh / daya imun dan juga dapat memicu produksi getah bening.
  7. Betha-sitosterol. Zat Betha-sitosterol dalam kandungan jahe merah adalah bahan baku yang sering dijadikan untuk pembuatan obat steroid. Manfaat lain dapat memicu produksi hormon androgen, mencegah hiper-lipoprotein dan produksi hormone estrogen.
  8. Aspartic acid. Berfungsi untuk memberikan efek segar pada tubuh ketika dikonsumsi sehingga dapat merangsang kinerja saraf dan akhirnya menghilangkan stres.
  9. Chlorogenic acid. Kandungan jahe merah yang berikutnya adalah zat chlorogenic acid yang berperan aktif sebagai anti oksidan.
  10. Farnesol. Merupakan zat yang dapat membentuk regenerasi sel sehingga merangsang tubuh menjadi fit kembali dalam keadaan segar bugar. Zat farnesol sering digunakan sebagai bahan dasar bibit pembuatan parfum dan pengharum lainnya.
  11. Farnesal. Berfungsi aktif meregenerasi sel-sel pada kulit sehinnga akan memperlambat proses penuaan dini, menjadikan kita terlihat tetap awet muda asalkan penggunaan konsumsinya dilakukan secara benar dan rutin.
  12. Capsaicin. Berguna untuk memicu ereksi, menghambat produksi enzim 5-lipoksigenase dan dansiklo-oksigenase serta dapat meningkatkan kinerja kelenjar endoktrin dalam tubuh
Manfaat Jahe untuk Wajah :
  • penelitian yang telah dilakukan di Universitas Maryland Midical Center, tips membantu mecegah jerawat di sarankan agar mengkonsumsi jahe maksimal sebanyak 4 gram setiap hari. seandainya jika mangkonsumsi jahe dengan dosis yang cukup tinggi bisa menyebabkan efek samping yang kurang baik seperti iritasi, dan mules, serta sakit diare.
 Manfaat Jahe untuk diet :
  • Jahe bisa melebarkan pembuluh darah dan membakar kalori di dalam tubuh menjadi panas. Bukan hanya itu jahe mengandung sedikit saja kalori jadi tidak berkontribusi penuh menaikkan berat badan.

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.