Cara Mengobati Sakit Perut

Manfaat dan Khasiat : Cara mengobati Sakit Perut - Hampir setiap orang sudah pernah mengalami yang namanya sakit perut atau nyeri perut. Terlebih lagi jika sakit perut yang Anda rasakan sampai ke rasa melilit yang sangat. Perlu anda ketahui, ada beberapa sakit perut atau nyeri perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Anda harus bisa mengenali dulu gejala sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatan yang tepat.

Cara Mengobati Sakit Perut
Cara Mengobati Sakit Perut
Adapun penyebab sakit perut yang umum terjadi sebagai berikut :
  • Sakit perut kambuhan atau kronis: sakit ini muncul secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Beberapa penyebab sakit perut ini antara lain meliputi maag, menstruasi, kontipasi, dan infeksi saluran kemih.
  • Sakit perut karena diare: munculnya sakit perut ini disebabkan karena pengaruh bakteri, yang mana mereka mengakibatkan peradangan pada perut.
  • Sakit perut secara mendadak dan parah: ada beberapa penyakit yang menjadi penyebab sakit perut mendadak seperti radang usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis, dan batu empedu. Segera hubungi dokter atau ahlinya jika kamu mengalami sakit perut ini.
  • Kram perut akibat masuk angin: biasanya sakit perut ini disertai dengan kembung dan sering bersendawa. Sesuai namanya, penyebab sakit perut ini disebabkan adanya angin yang masuk ke dalam tubuh.

Cara Mengobati Sakit Perut.
Berikut ini merupakan Buah-buahan yang akan secara alami mengobati sakit perut biasa hingga pada rasa melilit yang Anda rasakan :
  1. Buah salak. Mungkin beberapa diantara kita sudah tau manfaat dan khasiat buah salak dalam mengobati sakit perut. Buah satu ini sudah dipercaya secara turun temurun sebagai obat diare, bahkan sejak penjajahan sampai sekarang. Mengonsumsi 2-3 buah salak dalam sehari sangat efektif untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Oleh sebab itu, jangan lewatkan buah kaya manfaat satu ini.
  2. Air kelapa sangat nikmat dan segar apabila kita konsumsi saat udara panas, apalagi sambil liburan di tepi pantai. Selain menyegarkan, ternyata air kelapa juga memiliki kandungan berbagai mineral alami dan elektrolit yang dapat mengatasi sakit perut. Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium dalam air kelapa mempunyai manfaat dan khasiat yang dapat mengeluarkan racun penyebab sakit perut. Dengan demikian, air kelapa bisa menjadi obat sakit perut akibat keracunan makanan tertentu. Minumlah minimal 1 gelas sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.
  3. Buah Pisang. berwarna kuning ini memiliki kandungan potasium, kalium, dan elektrolit tinggi yang dapat membantu memelihara pencernaan, mencegah dehidrasi, dan bahkan dapat membuang racun berbahaya (detoksifikasi) dari dalam tubuh.
  4. Buah Pepaya. Apabila kamu mengalami sakit perut akibat kembung, sebaiknya jangan konsumsi buah pepaya. Kandungan serat tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh. Nah, bukannya sembuh justru perut kembung kamu semakin parah. Sedangkan jika penyebabnya lain, kamu boleh mengonsumsi pepaya.
  5. Jus wortel bisa dikatakan obat sakit perut alami yang cukup praktis dan ampuh. Wortel memiliki kandungan kalium tinggi yang dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, termasuk salah satunya pada saat pembentukan tinja. Kamu juga bisa menambahkan daun mint untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Selain mengatasi sakit perut, kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint, juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan lambung.
  6. Jambu biji. Pengobatan pertama bisa kamu lakukan dengan mengonsumsi jambu biji, terutama untuk sakit perut akibat diare, makan pedas, dan sembelit. Jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Kamu bisa mengonsumsi buah jambu biji secara langsung atau pun membuatnya dalam bentuk jus. Bila hasilnya tidak terlihat setelah tiga hari, konsumsi juga air rebusan daun jambu biji muda minimal satu kali sehari. Biasanya dalam waktu kurang dari seminggu sudah sembuh.
Apabila gejala sakit perut yang kamu derita tidak membaik selama 2-3 minggu pengobatan atau disertai dengan gejala seperti di bawah ini, sangat disarankan untuk segera menemui dokter.

Inilah Manfaat dan Khasiat Buah-buahan untuk kesehatan. Silahkan baca Tips lainnya untuk kesehatan dibawah ini :

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog Saya. Semoga Bermanfaat.